Benda Asing Di Mata? Ini Tips Mengatasinya

Benda Asing di Mata? Ini Tips Mengatasinya 


Jika sesuatu masuk ke mata Anda, ini akan menyebabkan iritasi, merah, berair dan sebaginya. Kebanyakan orang akan langsung mengusap, menggosok-gosok atau mengucek-ucek matanya saat mengalami kelilipan. Mungkin yang dimaksudkan agar benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata bisa keluar, Namun, kebiasaan ini adalah kurang baik.
Apapun benda asing yang masuk ke dalam kelopak mata, jelas tidak boleh digosok atau dikucek, karena bisa jadi malah akan membahayakan retina mata. Jangan sampai menyepelekan gangguan mata ringan hingga berakibat infeksi serius bahkan sampai menyebabkan masalah penglihatan secara permanen.

Membuang Debu atau Kotoran dari Mata
Membersihkannya dengan Air
Coba bersihkan dengan menyelamkan mata ke dalam air. Ambil wadah atau bak kecil atau semacamnya. Kemudian isikan dengan air bersih, lalu kedipkan berulang ulang kali mata anda didalam air tersebut. Maka benda asing tersebut akan keluar dengan sendrinya.

Jangan Gosok atau Kucek 
Jangan dibiasakan menggosok atau mengucek daerah yang terkena benda asing tersebut. Hal ini untuk mencegah jaringan mata rusak karena gesekan benda asing. Jika Anda menggunakan lensa kontak segera keluarkan dan jangan lupa untuk mencuci tangan.

Cotton Bad atau Tisu
Jika benda tersebut tidak keluar juga, Anda bisa mengangkatnya dengan bantuan (cotton bad) yang sudah dibasahi secara perlahan. Bisa juga menggunakan tisu atau kain bersih yang sudah dibasahi. Tapi ingat, jangan sampai benda asing itu bertahan teralu lama di mata.

Mengedipkan Mata Sambil Berputar-putar
Jika kotoran di balik kelopak mata atas, Anda bisa mengedipkan mata sambil berputar-putar, tarik kelopak mata atas keatas kelopak mata bawah untuk mengeluarkannya.

Dengan Lutut Anda
Bisa juga dilakukan dengan mengkucek lembut mata di lutut Anda.
Anda bisa melakukannya pada posisi duduk sambil jongkok, kemudian kucekan mata dengan lembut dan perlahan-lahan ke arah lutut sambil mata sedikit memutar.

Demikian cara mudah mengatasi benda asing di mata, jagalah organ-organ tubuh termasuk alat panca indra seperti mata sebelum berakibat fatal.
Semoga informasi ini bisa membantu Anda.
sekian terima kasih.

Office Optik Fadya
Address : Jl.Pirngadi No.175.Podomoro Kec.Pringsewu Kabupaten Pringsewu Lampung 35373
Telpn : 083811017070 (wa)
Email : fadyaoptik[at]gmail.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISTILAH LENSA & FRAME DALAM DUNIA OPTIK

Arti Kedutan Kelopak Mata Kanan Atas dan Bawah

Perbedaanya Lensa Anti Radiasi dengan Blue Light ( blueray )